7 Cara Menghilangkan Tinta Pemilu Pada Jari – Tips Sederhana


Cara menghilangkan tinta pemilu – halo sobat sewoocara. Sehubungan dengan hadirnya pesta demokrasi terbesar bangsa Indonesia pada tahun 2019 ini, maka sewoo ingin berbagi tips yang sangat sederhana namun very useful atau full faedah bagi sobat semua, yakni mengenai cara membersihkan bekas tinta pemilu di jari.
 
7 Cara Menghilangkan Tinta Pemilu Pada Jari, sewoocara.com
Ilustrasi Bekas Tinta Pemilu
Setiap kali kita usai melakukan pencoblosan, baik pemilihan presiden maupun anggota legislative, kita harus mencelupkan jari kita dalam tinta berwarna ungu. Hal ini bertujuan sebagai penanda bahwa seseorang sudah memenuhi undangan KPU untuk menggunakan hak pilihnya dan juga menghindari adanya pencoblosan 2 kali oleh orang yang sama, karena tinta ini dapat bertahan menempel pada jari kita selama 3 hari.

Sebagian dari kita mungkin merasa risih atau kotor dengan adanya bekas tinta tersebut, terutama saat kita makan menggunakan tangan tanpa sendok. Namun sobat tidak perlu khawatir, bila sobat ingin jari sobat segera bersih kembali, berikut kami rangkum 7 cara menghilangkan tinta pemilu di jari, dijamin langsung cling loh.


7 Cara Menghilangkan Tinta Pemilu Pada Jari

1. Pembersih Cat Kuku (Aseton)

Pembersih cat kuku dikenal juga sebagai zat aseton. Dengan kemampuannya dalam membersihkan cat kuku (Kuteks), aseton juga dapat sobat gunakan untuk menghilangkan tinta pemilu di jari sobat dengan efektif. Caranya mudah, sobat hanya perlu meneteskan pembersih cat kuku tersebut pada kapas atau tisu, kemudian usapkan pada jari yang terkena tinta hingga bersih dan cling.

2. Alkohol

Bila sobat tidak memiliki aseton, sobat dapat juga menggunakan alcohol untuk membersihkan atau menghilangkan tinta pemilu pada jari tangan. Cara penggunaanya sama dengan aseton ya.

3. Pasta Gigi

Sobat juga dapat menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan bekas tinta pemilu. Caranya dengan mengoleskannya secara langsung pada jari atau bagian tubuh yang terkena tinta, kamudia bersihkan dengan air atau tisu.

4. Gunting Kuku

Setelah kita mencoblos, tinta bukan hanya nempel pada area kulit jari, melainkan menempel pula pada bagian kuku. Nah, untuk menghilangkan tinta pemilu pada area kuku, sobat dapat menggunakan kikir gunting alias bagian yang bergerigi pada gunting kuku untuk menggosok tinta tersebut hingga bersih bening seperti tanpa tinta.

5. Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian merupakan zat yang sangat ampuh digunakan untuk melunturkan noda baju, sehingga dapat sobat gunakan untuk membersihkan atau menghilangkan tinta pemilu di jari sobat. caranya adalah dengan melarutkan pemutih pakaian pada air secukupnya, lalu celupkan jari sobat yang terkena tinta. Maka tinta akan luntur dengan sendirinya seperti  daun yang berguguran.

6. Lotion Anti Nyamuk

Salah satu bahan yang sangat mudah sobat temukan untuk menghilangkan tinta pemilu di jari adalah lotion anti nyamuk. Caranya cukup dengan mengoleskannya pada jari yang terkena tinta, maka tinta akan larut dalam lotion tersebut. Tinggal bersihkan jari sobat dengan tisu, maka jari sobat akan kembali bersih seperti bayi baru lahir.

7. Lem Kertas Cair

Lem kertas juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas tinta pemilu di jari sobat. cara penggunaannya sama dengan lotion anti nyamuk, yaitu dengan langsung mengoleskannya ke jari dan mengelapnya dengan tisu atau kain. Jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun setelah menggunakan lem kertas atau lotion anti nyamuk.


Demikian tips sederhana dari sewoo mengenai 7 cara menghilangkan tinta pemilu pada jari. Gunakanlah salah satu cara di atas , sesuai dengan bahan atau alat yang sobat miliki di rumah, sehingga sobat tidak perlu membeli bahan baru. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat – sewoocara.com.

0 Response to "7 Cara Menghilangkan Tinta Pemilu Pada Jari – Tips Sederhana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel