10 Cara Menghemat Biaya Tagihan Listrik Hingga 80%, Mudah Sekali

Cara menghemat tagihan listrik - Halo sobat sewoocara. Siapa diantara sobat yang sedang mengeluhkan biaya tagihan listrik yang semakin tinggi? sewoo yakin sobat yang sedang membaca artikel ini termasuk diantaranya. tapi sobat bisa tenang, dengan memahami secara menyeluruh konten kami yang satu ini, mudah-mudahan dapat menjadi solusi yang sesuai untuk sobat semua.


10 Cara Menghemat Biaya Tagihan Listrik Hingga 80%-Sewoocara.com
Cara Menghemat Listrik
Pada kesempatan kali ini, sewoo akan membahas sesuatu yang mudah-mudahan bisa menjadi solusi keluhan kita semua, yaitu 10 Cara Menghemat Biaya Tagihan Listrik Hingga 80% . Wow, bayangkan bila kita mempraktekkan cara ini, jika biasanya kita membayar listrik 300 ribu per bulan, dengan penghematan 75% akan menjadi hanya 75 ribu per bulan. Lumayankan?

Perlu diingat ya sobat, jika kita tidak bisa menurunkan tarif listrik, maka yang bisa kita lakukan adalah menghemat penggunaan energi listrik. Meskipun sebenarnya, di era global warming ini, tanpa kenaikan tarif listrik pun, kita harus menghemat energi, khususnya energi fosil, termasuk energi listrik yang sumber energi utamanya adalah batu bara alias fosil juga, demi kenyamanan lingkungan dan keberlanjutan sumber energi untuk anak cucu kita di masa depan.

Penghematan energi listrik pada dasarnya dapat kita lakukan dengan dua acara, yaitu dengan menggunakan peralatan efisiensi tinggi (hemat energi) dan dengan membiasakan diri menggunakan energi sesuai kebutuhan saja. Berikut sewoo jabarkan beberapa perilaku yang dapat menghemat energi listrik. Bila kita menjadikannya sebagai budaya hidup dan melakukannya setiap hari, maka penghematan biaya tagihan listrik kita akan terasa sangat signifikan.


1. Gunakan Lampu Dengan Bijaksana

Lampu adalah sumber penerangan untuk menunjang segala aktivitas kita. Sayangnya, masih banyak yang belum menyadari pentingnya menggunakan lampu dengan bijaksana. Gunakanlah lampu hanya pada saat kita membutuhkan penerangan. Selalu matikan lampu saat tidak digunakan. Pada siang hari, bukalah gorden jendela, dan gunakan atap transparan di beberapa titik rumah kita, sehingga cahaya matahari masuk dan kita tidak membutuhkan penerangan dari lampu di siang hari.

Bila kita bisa mengurangi waktu penggunaan lampu sebesar 40%, maka kita juga telah menghemat penggunaan energi listrik pada lampu sebesar 40%. Tentu hal tersebut akan mengurangi tagihan listrik juga sebesar 40% untuk penggunaan lampu. Karena energi listrik yang kita gunakan (kWh) dan biaya listrik yang harus kita bayar (Rp/kWh) berbanding lurus dengan lamanya waktu (Jam) penggunaan.


2. Beralih Menggunakan Lampu LED

Selain menggunakan lampu dengan bijaksana, perhatikan pula kualitas daya lampu di rumah kita. Menurut keterangan dari Direktorat Konservasi Energi, lampu pijar (bohlam) 40 watt memiliki tingkat pencahayaan setara dengan lampu CFL (compact fluorescent light) 8 watt atau lampu LED (light emitting diode) 4 watt. Artinya lampu CFL 5 kali atau 80% lebih hemat energi dibandingkan lampu pijar dan lampu LED 10 kali atau 90% lebih hemat dibanding lampu pijar. Gantilah lampu pijar atau CFL di rumah kalian dengan lampu LED, dan rasakan perubahan tagihan listrik kalian.


3. Sesuaikan Kapasitas Mesin Cuci

Tahukah sobat, semua mesin atau peralatan akan memiliki efisiensi tertinggi saat beroperasi pada ratingnya (sesuai kapasitas normalnya). Efisiensi yang tinggi berarti tidak banyak energi yang terbuang sia-sia. Semakin besar daya mesinnya, semakin signifikan pengaruh efisiensi terhadapa penghematan energi.

Mesin cuci merupakan salah satu peralatan rumah tangga dengan daya cukup besar. Gunakanlah mesin cuci sesuai kapasitasnya. Misalnya, jika mesin cuci kalian berkapasitas 10 kg, maka mencucilah ketika jumlah baju kotor kalian sebanyak 10 kg.  Jika baju kotor kalian masih sedikit, sebaiknya tunda jadwal mencuci hingga jumlah baju kotor mencapai kapasitas mesin cuci. Terapkan juga perilaku ini kepada peralatan lain yang berdaya cukup besar, agar semakin besar energi yang bisa kita hemat.


4. Mencuci Pakaian Pada Siang Hari

Di kalangan masyarakat umum, banyak yang tidak mengetahui bahwa dalam penentuan tariff listrik, dikenal istilah peak hours (waktu beban puncak). Di Indonesia, peak hours (WBP)  ini terjadi pada pukul 17.00 hingga 22.00. Pada WBP, tariff listrik per kWh yang berlaku lebih besar sekitar 150% dari tariff listrik di jam lainnya. Oleh karena itu, dengan menggunakan mesin cuci pada siang hari atau diluar WBP, kita akan menghemat tariff listrik yang digunakan mesin cuci sebesar 50%. Gunakan juga alat berdaya besar lainnya pada di siang hari, seperti menyetrika baju, memasak nasi dengan rice cooker, dan yang lainnya, maka rasakan penghematannya pada saat kalian membayar tagihan listrik.


5. Matikan Alat Elektronika Saat Kita Tidur

Kadang, sering kita menyaksikan orang tidur di depan TV. Perilaku seperti itu merupakan contoh yang tidak baik. Bila tidak ditonton atau tidak digunakan, matikanlah TV sobat. Terapkan juga pada peralatan elektronika yang lain, seperti computer, radio, DVD, dan lainnya. Sama halnya pada lampu, semakin lama waktu penggunaan, semakin besar energi listrik yang dikonsumsi peralatan elektronika.


6. Cabut Charger Saat Tidak Digunakan

Saat charger tidak digunakan untuk charging HP atau laptop, ia akan tetap mengkonsumsi energi listrik selama ia tersambung ke sumber tegangan atau stop kontak. Daya yang diserap memang tidak besar, tapi apabila berlangsung selama 24 jam per hari, dan kita akumulasikan per bulan, total daya yang terbuang menjadi signifikan. Oleh kerena itu, cabutlah charger kalian dari stop kontak bila tidak digunakan. Lakukan juga perilaku seperti ini pada colokan alat-alat elektronika. Karena setiap peralatan elektronika, mengandung komponen-komponen resistive, inductif dan kapasitif yang mengkonsumsi daya listrik juga.


7. Hematlah Penggunaan Air Bersih

Bila dirumah kalian menggunakan pompa air, maka semakin banyak konsumsi air bersih, semakin sering juga pompa air bekerja dan mengkonsumsi daya listrik. Sedangkan pompa merupakan peralatan berdaya cukup besar juga. Maka hematlah air kalian, maka akan berimbas pada penghematan tagihan listrik anda.


8. Gunakan AC Dengan Bijaksana

AC mungkin akan menjadi perlatan dengan daya paling besar pada kebanyakan rumah, sehingga kebijaksanaan menggunakan AC akan berpengaruh sangat besar pada tagihan biaya listrik kalian. Sama halnya dengan lampu dan pompa air, semakin sering digunakan, semakin besar konsumsi daya listrik kalian. Gunakanlah AC bila memang diperlukan. Selain itu, pengaturan suhu ruangan juga penting. Semakin rendah suhu yang kita inginkan, semakin besar daya listrik yang diserap AC. Oleh karena itu, atur lah suhu ruangan dengan bijak. Bila suhu 220C sudah cukup menyejukkan, tidak perlu mensetting pada suhu 180C atau bahkan 160C. Selain itu, sewoo rekomendasikan agar sobat membaca juga artikel kami tentang tips penggunaan AC untuk udara sehat dan menghemat listrik.


9. Buang Bahan Tidak Berguna Dari Dalam Kulkas

Semakin banyak isi kulkas kalian, maka akan semakin besar energi yang dibutuhkan untuk mendinginkannya. Membuang isi kulkas yang tidak berguna dan tidak menyimpan bahan-bahan yang tidak perlu didinginkan ke dalam kulkas akan mengurangi konsumsi energi listrik yang digunakan oleh kulkas. Selain itu, membuka pintu kulkas terlalu sering juga akan menyebabkan panas dari luar kulkas masuk, sehingga kulkas akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan isinya kembali. Oleh karena itu, jangan iseng buka tutup pintu kulkas tanpa adanya keperluan ya sobat.


10. Gunakan Listrik Prabayar

Menggunakan listrik prabayar atau sistem pulsa token, tidak menurunkan tariff listrik, juga tidak menghemat penggunaan energi listrik. Namun, penggunaan listrik prabayar dapat memudahkan kita mengetahui pemborosan listrik di rumah kita dan dapat  mengingatkan kita untuk melakukan antisipasi dan langkah penghematan lebih baik. Misalnya, kita biasa membeli pulsa 20 ribu per minggu, namun pada suatu ketika, setelah kita isi 20 ribu, pulsa hanya bertahan selama 4 hari. Maka kita akan tahu bahwa telah terjadi pemborosan listrik, dan kita dapat mengevaluasi perilaku kita dan keluarga kita dalam menggunakan listrik agar lebih bijaksana.



Demikian 10 Cara Menghemat Biaya Tagihan Listrik Hingga 80%  yang dapat sewoo jelaskan. Ingatkanlah sahabat dan keluarga sobat agar bisa membudayakan perilaku hemat energi. Karena perilaku hemat energi memiliki banyak manfaat, seperti menghemat pengeluaran uang kita, menjaga lingkungan dari polusi dan global warming dan berkontribusi menjaga keberlanjutan sumber energi untuk anak dan cucu kita di masa depan - sewoocara.com.

0 Response to "10 Cara Menghemat Biaya Tagihan Listrik Hingga 80%, Mudah Sekali"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel