Cara Mengganti Password Wifi Indihome

Cara Mengganti Password Wifi Indihome – halo sobat sewoocara. Bila kita menggunakan Indihome sebagai ISP (internet service provider) di rumah kita, terkadang kita hanya mengandalkan informasi dari teknisi mengenai nama hotspot dan password hotspotnya ketika pertama kali dilakukan instalasi. Akhirnya, berbulan-bulan kita menggunakan indihome, tapi tidak pernah diganti passwordnya  karena alasan kita tidak tahu cara mengganti password tersebut. Padahal, mengganti password secara berkala, misalnya sebulan sekali, merupakan langkah preventif yang baik untuk keamanan jaringan internet kita dari pencurian dan keterlambatan loading. 



Cara Mengganti Password Wifi Indihome
Cara Mengganti Password WiFi Indihome


Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, sewoocara akan berbagi tips mengenai cara mengganti password wifi indihome dengan mudah. Sobat dapat melakukannya baik itu menggunakan PC maupun smartphone.

Perlu sobat ketahui, bahwa umumnya indihome menggunakan modem merek Indihome, fiberhome, Huawei atau ZTE. Coba cek modem yang terpasang dirumah sobat mereknya apa? Kemungkinan besar antara 4 merek tersebut. Namun demikian, bila sobat menggunakan modem merek lain, tidak perlu khawatir, cara mengganti passwordnya akan sama. Berikut cara mengganti password wifi indihome dengan mudah.


Cara Mengganti Password Wifi Indihome Merek Huawei

1. Di kediaman sewoocara sendiri, modem yang digunakan adalah Huawei HG8245H5 dengan penampakan seperti berikut. Namun, tipe modem tidak menjadi masalah, caranya akan sama.
 
Modem Huawei HG8245H5, Cara Mengganti Password Wifi Indihome
Modem Huawei HG8245H5

2. Perhatikan bagian belakang modem, akan terdapat catatan mengenai alamat IP, username dan password untuk mengakses pengaturan modem. Pada contoh kali ini, seperti yang sobat bisa lihat di gambar, modem yang kami pakai memiliki IP address “192.168.100.1”, dengan username “Admin” dan password “admin”.
 
Data IP address, username dan password akun
Data IP address, username dan password akun

3. Langkah selanjutnya adalah, pastikan PC atau smartphone yang sobat gunakan terkoneksi pada jaringan internet menggunakan wifi dari modem tersebut. Contohnya, dirumah sewoocara, kami menggunakan nama hotspot wifi “Briana” dan gadget kami sudah connect dengan wifi tersebut.
 
Connect ke WIFI yang akan diganti Password
Connect ke WIFI yang akan diganti Password

4. Kemudian masuklah ke browser (google chrome, Mozilla firefox, atau yang lainnya) dan masukkan IP address modem sobat ke addressbar. Maka akan muncul tampilan seperti berikut. Masukkanlah username dan juga password sesuai dengan yang tercatat dibelakang modem sobat. lalu klik “Log In”.
 
Log In Menggunakan IP, Username dan Password Akun
Log In Menggunakan IP, Username dan Password Akun

5. Pada halaman yang tampil, klik “Fast Setting”.
 
Tampilan home page akun Modem Huawei
Tampilan home page akun Modem Huawei

6. Pada halaman yang tampil, sobat bisa mengganti nama wifi dan juga passwordnya dikolom yang tersedia. Lalu klik “Next”.
 
Atur Nama Wifi dan Password Wifi
Atur Nama Wifi dan Password Wifi

7. Sobat akan diarahkan pada “account management”. Disini fungsinya adalah untuk mengubah username dan password akun yang semula tertera pada belakang modem. Bila sobat ingin menggantinya silahkan, tapi jika tidak, klik “Skip”.
 
Cara Mengganti Password Wifi Indihome
Skip Pengaturan Lainnya

8. Jika telah selesai, klik “return to home page”. Maka semua perangkat yang tersambung ke wifi sobat akan terputus koneksinya dan harus connect kembali menggunakan nama wifi dan juga password wifi yang baru.

Cara Mengganti Password Wifi Indihome


Cara Mengganti Password WIFI Indihome Merek ZTE

1. Merek lain dari modem yang biasa digunakan indihome adalah ZTE F609. Secara sistematik, cara mengganti password wifi sama dengan modem Huawei. Pastikanlah sobat connect ke internet menggunakan wifi indihome. Lalu akses situs melalui IP address, dan log in menggunakan username dan password akun yang tertera dibagian belakang modem tersebut. Pada contoh kali ini, IP addressnya adalah 192.168.145.1 dengan username “user” dan password kun “user”.

Cara Mengganti Password WIFI Indihome Merek ZTE


2. Pada halaman yang tampil, masuklah ke dalam menu “Network”.

Cara Mengganti Password WIFI Indihome Merek ZTE


3. Pilih menu “WLAN” lalu pilih “security”. Maka akan tampil kolom untuk mengganti password dan juga nama wifi.

4. Bila sobat sudah mengganti nama wifi atau password wifi, langkah terakhir adalah klik “Submit”. Maka semua perangkat yang sedang konek ke wifi sobat akan terputus semua, dan harus konek kembali menggunakan username dan password wifi yang baru.


Demikianlah informasi mengenai cara mengganti password wifi indihome pada modem merek Huawei dan juga ZTE. Adapun modem lain yang biasa digunakan indihom, yaitu merek indihome dan juga fiber home, tidak kami jelaskan secara rinci disini. Karena sewoocara belum pernah mengaksesnya. Namun, bisa kami jamin bahwa dasar caranya setiap modem sama saja untuk mengganti password wifi, yaitu dengan masuk ke IP address, log ini menggunakan username dan password akun yang pasti tertera pada fisik modem, dan kita bisa melakukan berbagai pengaturan di dalamnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat – sewoocara.com.

0 Response to "Cara Mengganti Password Wifi Indihome"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel